banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600 banner 120x600

KPU Bengkayang edukasi pemilih pemula di sekolah

banner 120x600

BENGKAYANG (triggernetmedia.com) – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkayang kini tengah gencar sosialisasikan pemilu 2019. Sosialisasi diantaranya menyasar pemilih pemula pada sejumlah Sekolah Menengah Atas sederajat, khususnya kelas XII di Kabupaten Bengkayang.

“Sosialisasi Goes to school segmen pemilih pemula ini kita laksanakan sejak tanggal 29 Oktober 2018 sampai dengan tanggal 1 November 2018 dengan target lima SLTA,” kata Ketua KPU Bengkayang, Musa J. Rabu (31/10).

Sosialisasi tersebut sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilu legislatif dan pilpres tahun 2019, khususnya di wilayah kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang saat ini. Sementara, untuk kecamatan lain, sosialisasi serupa akan dilakukan oleh panwascam.

“Dalam sosialisasi ini, KPU memperkenalkan tahapan pemilihan umum legislatif dan Pilpres kepada kaum milenial. Sampai akhir Oktober ini KPU sudah memberikan edukasi sekaligus budaya politik terhadap empat SMA dan satu SMK,” kata Musa J.

Dikatakan, tahapan pemilihan umum serentak bagi pemilih pemula sangat penting. Sebab, setelah dilakukan sosialisasi masih sekitar 90 persen pemilih pemula belum mengetahui tahap pemilu 2019 di Kabupaten Bengkayang.

“Kami juga memberikan pemahaman bagaimana proses pelaksanaan pemilu dan tahapan-tahapan pelaksanaannya, kemudian memperkenalkan aplikasi untuk pengecekan data pemilih serta mengimbau para siswa agar menggunakan hak pilihnya pada pemungutan suara tanggal 17 April 2019 mendatang” ujar Musa J.

Dari empat sekolah yang didatangi KPU Bengkayang, diketahui hampir seluruh siswa belum mengetahui hari pelaksanaan pemungutan suara. Mereka bahkan belum mengetahui apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum.

“Melalui sosialisasi pendidikan pemilih pemula ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pelaksanaan Pemilu Tahun 2019,” ujar Musa J.

Pewarta : Doe
Editor : Dhesta

About Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *